Info yaaaa.... :)

Info NCC-Culinary Weeks : Diperpanjang waktunya & Bertabur Hadiah..

Assalamualaikum selamat soreee...!


Sesuai usul beberapa teman untuk memperpanjang event ini, dan Bu Fat sudah merestui perpanjangan acara ini dan juga sudah kasak-kusuk bareng Trio Kupat juga ke Ibu Fat, akhirnya setuju untuk perpanjangan event online ini.

Perpanjangan event NCC Culinary Weeks diperpanjang hingga setelah lebaran, yaitu :
26 Juni - 11 Agustus, pukul 00:00 WIBB

Ini nih... masuk sejarah Event NCC Culinary Weeks & Host terlama selama ini
Nggak apaaa...demi menampung aspirasi penduduk NCC yang ingin berpartisipasi pas di Ramadhannya

Daaaan.... kami banyak menerima sponsor loh untuk event ini berupa hadiah-hadiah menarik. Bertabur hadiah menarik deeh ( Insya Alloh manfaat juga ).
Apa saja yang akan jadi hadiah-hadiahnya dan siapa saja sponsornya ?

1. Panci Presto 3 in 1 kapasitas 5 liter , Sponsor : TBK Sukses Terus (www.sukses-terus.com )


2. 2 kg Produk Blue Band , Sponsor Lily Tyucake ( www.tyucake.com )


3. 2 buah buku Resep karya Bu Anggraini Citra Kusuma


4. 2 set mangkuk Ramekin @ 4 buah mangkuk, Sponsor Dapur Hangus (Http://facebook.com/dapurhangus.page


5.1 buah Biscuit Maker , Sponsor Farida Bunda Nayla


6. 1 buah Tier kawat tingkat 3, Sponsor Yuli Kue Rumahan


7. wajan crepe maker ukuran medium, cookie cutter set, measure spoon & pemisah telur, Sponsor
Afif Haryanti


Hadiah-hadiah tersebut akan dibagikan kepada 6 resep terpilih nantinya. Untuk rincian hadiah-hadiah tersebut ( misal pemenang 1,2,3 hadiahnya apa saja ) akan di update di bloghttp://nccmenuramadhanlebaran.blogspot.com

Bagaimana NCCers...? tertarik ? yuuk ... mulai ngoprek di dapur lagi deh, sambil siapkan menu tajil Ramadhan nanti jangan lupa jeprat jepret ya makanannya, kemudian kirim ke kami. Ditunggu yaaa...


happy cooking
trio kupat






Thursday, June 26, 2014

Fwd: Menu Ramadhan: Patbingsu (Es Serut Kacang Merah khas Korea)




Dari: Ricke Indriani


Salam para host NCC Ramadhan dan Lebaran Culinary Week. Saya ikut partisipasi ya walau sudah menjelang time out setornya, hehee... Baru sempat membuat sajiannya soalnya. Karena sekarang sedang tinggal di Korea Selatan jadi saya mau setor salah satu dessert khas Korea yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu sajian Ramadhan saat berbuka puasa.

Patbingsu adalah salah satu dessert khas Korea, pat artinya kacang merah dan bingsu artinya es serut. Jadi patbingsu artinya es serut kacang merah. Di Korea, saat summer seperti sekarang ini akan banyak dijual dimana-mana aneka menu bingsu alias es serut dengan berbagai macam varian, dari yang tradisional sampai yang sudah modern dan dimodifikasi. Mulai dari kedai biasa, cake shop and bakery, cafe, food court, sampai restaurant cepat saji akan menyediakan aneka bingsu dalam menu saat musim panas tiba.
Salah satu yang paling terkenal adalah Patbingsu atau es serut kacang merahPatbingsu ini dijual dari mulai yang original/tradisional yang hanya diberi isi kacang merah saja dan biasanya ditambah beberapa buah tteok (rice cake/kue beras), sampai dengan tambahan topping aneka buah-buahan segar atau buah kaleng, aneka berry, kacang-kacangan, sereal seperti cornflakes, aneka ice cream, yogurt, dll. Varian bingsu yang lain selain Patbingsu misalnya ada juga Gwailbingsu (es serut buah), Nokchabingsu (es serut green tea), Coffeebingsu (es serut kopi), dan masih banyak lagi bingsu-bingu yang lain.
Dalam pembuatan Patbingsu yang digunakan adalah kacang merah jenis azuki bean/red bean (dalam bahasa Korea disebut pat atau jeokdu) dengan bentuk biji bulat tidak pipih dan kacang ini juga merupakan salah satu bahan baku utama aneka kue tradisional Korea. Berbeda dengan kacang merah yang umum digunakan di Indonesia atau yang biasa disebut kacang jogo/kidney bean dengan biji lebih besar dan pipih. Tetapi bila teman-teman di Indonesia kesulitan untuk mendapatkan kacang merah jenis azuki bean, bisa menggantinya dengan kacang merah jogo, tentu nanti citarasa yang dihasilkan akan berbeda ya :)
Bulan Ramadhan di Korea tiba saat musim panas dan akan melewati puncak musim panas di bulan Juli nanti, jadi Patbingsu ini tentu saja bisa menjadi salah satu sajian untuk berbuka puasa yang menyegarkan, dingin dan manis. Sluurrrppp…. Apalagi di Korea sedang musim panas begini. Resep ini saya pelajari cara pembuatan isi kacang merah (sweet red bean) dari website Maangchi, tetapi takaran bahannya saya sesuaikan dengan selera. Sedangkan untuk bingsu tteok-nya pembuatannya sama dengan membuat candil, tetapi digilas dan dibentuk kotak. Yuk, dicoba membuatnya ^_^
Patbingsu (Es Serut Kacang Merah khas Korea)
Oleh: Ricke Indriani
Bahan isi kacang merah:
200 gram red bean jenis azuki bean
1000 ml air
150 gram gula pasir
½ sdt garam
1 sdt vanilla
Bahan bingsu tteok (rice cake/kue beras untuk bingsu):
100 gram tepung ketan
80 ml air panas/mendidih (sesuaikan dengan kondisi adonan)
¼ sdt garam
1 sdm gula halus
Air untuk merebus
Ekstra tepung ketan untuk taburan
Gula halus untuk taburan
Es serut
Aneka buah segar potong/buah kalengan (saya membuatnya dengan buah kalengan karena sedang tidak ada stok buah segar di rumah)
Susu kental manis
Almond slice sangrai/corn flakes, dll sesuai selera
Cara membuat:
Isi kacang merah:
Cuci bersih kacang merah (azuki bean), masukkan ke panci dan rebus dengan 1 liter air dengan api sedang sampai mendidih. Tutup panci dan kecilkan api, rebus hingga kacang empuk dan mudah hancur bila ditekan. Masak sampai airnya berkurang tetapi jangan sampai air habis meresap semua (seperti bubur kacang dengan kuah sedikit). Masukkan gula pasir dan garam. Masak kembali sambil diaduk-aduk hingga mengental. Tambahkan vanilla. Dinginkan dan simpan dalam lemari es.
Bingsu tteok (rice cake/kue beras untuk bingsu):
Campur tepung ketan, garam dan gula halus dalam wadah. Tuangi air panas/mendidih sedikir demi sedikit sambil diaduk dengan sendok jika sudah agak hangat. Aduk dengan tangan sampai kalis/tidak lengket. Bila adonan masih kering tambahkan air sedikit, jika terlalu lembek tambahkan tepung ketan sedikit.
Gilas adonan dengan rolling pin di atas permukaan yang ditaburi tepung ketan, potong-potong seukuran kira-kira 1x1 cm. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Angkat dan rendam dalam air biasa sampai dingin. Tiriskan dan gulingkan di tepung ketan yang dicampur sedikit gula halus agar tidak lengket. Sisihkan.
Cara penyajian:
Siapkan mangkuk, beri es serut dan susu kental manis sesuai selera manisnya. Tambahkan potongan buah. Beri isi kacang merah di atasnya. Beri tambahan tteok, almond slice sangrai, corn flakes, dll sesuai selera. Patbingsu siap dinikmati.


Cara pembuatan yang lebih lengkap ada di blog dapur saya (www.ricke-ordinarykitchen.blogspot.com)
Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1435 H ^_^


Salam,
Ricke Indriani ~ Ordinary Kitchen




--

No comments:

Post a Comment